Top Menu

Senin, 19 November 2012

Surat Pembaca (P.Ambar.S_13)

Dari : Z!
Pertanyaan : Bagaimana cara agar saya suka membaca?
Jawab : Motivaty your mind, Acquiring the information, Searching out the meaning, Triggering the memory, Exhibiting what you know, Reflecting on how you have learned. Orang itu harus menyadari insentif yang akan ia peroleh kalau ia suka membaca (www.gayahidupdigital.com)

Dari : Rinda Tri R
Pertanyaan : Bagaimana cara membaca efektif novel atau yang lainnya, sehingga apa yang kita baca tidak lupa dalam waktu singkat? Saya sering mengalami hal seperti itu. Tolong sarannya ya!
Jawab : Cobalah untuk meriview buku yang telah kita baca. Mengenali pola penulisan atau karakter setiap novel atau karya fiksi. Fokus kepada tanda kutip yang digunakan untuk membuat dialog.

 
http://jalurilmu.blogspot.com/2011/12/cara-cepat-membaca-novel.html


Dari : Rizky Putri H
Pertanyaan : bagaimana cara agar saat kita membaca buku pelajaran serasa membaca novel yang tidak membuat kita mengantuk?
Jawab :
Sering nih bagi para pelajar kalau kita lagi belajar di sekolah pastinya harus serius dan tetap fresh otak saat belajar agar kita mudah dalam menimba ilmu yang di kasih guru kepada kita,namun yang gk enaknya kalau kita sedang belajar di kelas kalau udah siang-siang nya bakalan ngantuk dan capek wihh, dh pastinya males tuh belajar.
nah saya akan memberikan 
tips-tips kepada kalian semua para pelajar agar tetap Fresh di saat sedang belajar dan tidak ngantuk yakni :

1.Usahakan kalau sarapan pagi jangan banyak-banyak makan itu bakalan membuat kalian kekenyangan dan pastinya ngantuk dong, jadi usahakan makan sedikit-sedikit saja.
2.bila tidur malam jangan terlalu larut malam nanti efeknya ngantuk di pagi hari dan ngantuk muluuuu. so tidur nya jangan larut malam kali yahh.
3.Serin-sering aktif di saat belajar biar semangat dan gk mudah bosan tentunya mengantuk dong hehehe.

Tips ini sangat berguna bagi para pelajar kalian semua, selamat mencoba
http://www.bloggerpelajar.net/2011/11/3-tips-tidak-mengantuk-saat-belajar.html

Dari : Heni E
Pertanyaan : apa kriteria buku yang baik agar sesuai dengan yang kita inginkan?
Jawab :
Menurut Pusat Perbukuan (2005) kriterianya adalah isinya benar dari segi keilmuan, disusun secara sistematis, mengandung informasi yang kaya dan relevan, terdapat kesinambungan, kesaksamaan, keteraturan, serta keseimbangan.
Mutu dari buku teks pelajaran tergantung pada kegunaannya untuk keperluan belajar siswa. Makin banyak keperluan yang dapat dilayani, semakin baik. Misalnya, memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatannya sendiri; untuk melakukan pendalaman; untuk mengadakan pemeriksaan lagi dalam mengingat sesuatu; untuk mencatat hal-hal penting bagi keperluan lain; untuk menyaksikan gambar, diagram, grafik, tabulasi, dan sebagainya.

Dari : Alfy
Pertanyaan : bagaimana cara membaca cepat tetapi tidak akan lupa?
Jawab :
1.      Bagi halaman buku yang Anda baca menjadi 3 bagian
(kiri, tengah dan kanan).
2.      Fokuskan pandangan pada bagian tengah (bidang II).
3.      Tegakkan kepala dan bersiaplah dalam kondisi Alfa
(Kondisi tubuh relaks, kaki tegak pada alas/lantai, Usahakan punggung lurus).
4.      Bacalah dari bagian kiri (bidang I), ke tengah (Bidang II) dan kanan (Bidang III) dengan hanya sedikit menggerakkan mata (Agar lebih jelas, bacalah Dasar-Dasar Membaca Cepat ).
5.      Berhentilah jika terasa capek, mata terasa lelah atau bosan.
6.      Pejamkan mata sejenak, bersiaplah dalam POSISI POSITIF, sambil mengingat-ingat apa yang Anda dapatkan dari membaca tadi.
http://www.muhammadnoer.com/2009/02/teknik-dasar-membaca-cepat-mengenali-kata-dan-gerakan-mata/

Dari : neni
Pertanyaan : bagaimana cara saya suka membaca segala macam buku?
Jawab :
Buku adalah jendela ilmu pengetahuan, di mana dengan membaca buku kita bisa mendapatkan tambahan wawasan ilmu yang berguna bagi kita baik saat ini maupun di masa depan. Dibutuhkan minat, kemampuan membaca dan wawasan yang cukup untuk bisa memahami isi dari buku yang dibaca. Tidak semua buku baik untuk kita, karena ada banyak buku yang bisa menjerumuskan kita pada hal-hal yang negatif.
1.      Buka Buku Berdasarkan Minat atau Hobi

Jika anda suka dengan dunia otomotif, coba datang ke toko buku dan cari buku-buku tentang dunia otomotif. Dari sana mungkin anda bisa mulai menyukai mencari-cari tahu sesuatu yang anda belum tahu atau yang selama ini anda pertanyakan.

2. Jawab Pertanyaan Anda Dengan Buku

Apakah anda punya suatu pertanyaan yang ingin segera terjawab? Cobalah datang ke toko buku yang lengkap untuk mulai mencari tahu jawaban atas pertanyaan anda.

2.      Iseng-Iseng Jalan-Jalan Ke Toko Buku Besar

Kalau anda punya waktu luang, cobalah datang ke toko buku besar dan iseng berkeliling sambil melihat-lihat buku yang dijual di sana. Mungkin nantinya ada beberapa judul buku yang menarik perhatian anda untuk menjamah, membuka dan kemudian membacanya dengan penuh ketertarikan.

4. Berteman Dengan Orang Yang Suka Membaca Buku (Kutu Buku)

Ada pepatah mengatakan bahwa berteman dengan tukang minyak wangi akan membuat kita jadi wangi karena kecipratan parfum minyak wangi. Mungkin kalau anda berteman baik atau mungkin juga pacaran dengan kutu buku yang hobi baca banyak buku mungkin dia akan merekomendasikan anda suatu buku yang kira-kira kita akan suka membacanya.

5. Mulailah Dari Apa Yang Anda Sukai

Kalau anda benci membaca, mungkin anda suka nonton tv atau nonton film. Cobalah anda cari video-video pendidikan dengan topik yang membuat anda tertarik untuk melihatnya. Nantinya dengan begitu diharapkan anda akan mencoba lihat-lihat buku ketika ada film yang menimbulkan pertanyaan atau ingin tahu lebih lanjut mengenai sesuatu yang belum banyak versi videonya.
http://www.teguhbayu.com/2011/05/tips-dan-cara-agar-kita-suka-membaca.html


0 komentar:

Posting Komentar