Top Menu

Selasa, 20 November 2012

Bangun pagi, apa alasannya? (Ian NR_05 dan R.Laila.R_19)

Early to bed, early to rise, makes a man healthy, wealthy, and wise”
Pernah dengar slogan ini belum? Yap slogan ini benar-benar bisa dipercaya 100%.  Why? Karena ketika kita lebih cepat tidur kita akan lebih cepat bangun dan kita bisa mendapat waktu cukup untuk istirahat dan ketika bangun badan menjadi segar bugar.
Eits..., siapa yang sudah besar gini masih senang bangkong alias bangun siang? Waah, wajib baca ini nih kalian!
 Salah satu kunci dari kesuksesan seseorang, yaitu: BANGUN PAGI! Mengapa? Karena ketika bangun pagi hari seseorang akan lebih siap menjalani kegiatan-kegiatanya. Siapa yang berhasil bangun pagi berarti ia telah memiliki niat yang kuat, semangat yang besar, dan siap bergelut dengan peradaban zaman. So, siapkah kamu bangun pagi?
Sebenarnya bangun pagi bukanlah sebuah hal yang sulit jika setiap orang mengerti akan manfaat dari bangun pagi. Pagi hari adalah waktu yang sangat tepat untuk memulai aktivitas baru setelah sekian jam kita terlelap dalam rangka mengistirahatkan tubuh kita. Tahu nggak sih, udara pagi itu sangat baik bagi tubuh kita?
Para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara sepertiga malam terakhir sangat kaya
dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain, sehingga sangat bermanfaat
untuk optimalisasi metabolisme tubuh. Hal ini jelas sangat besar pengaruhnya
terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh.

Mari meneladani Rasulullah, yang setiap subuh selalu mendapat asupan udara segar.
Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan qiyamul lail. Biasanya orang yang
memulai kehidupan di pagi hari dengan bangun waktu subuh, akan menjalani hari dengan
penuh semangat dan optimisme. Berbeda dengan orang yang tidak bangun di subuh
hari, biasanya lebih mudah terserang rasa malas untuk beraktivitas. Setuju kan?
Manfaat lain dari bangun pagi selain mendapat oksigen yang segar dan sehat adalah kita dapat melakukan berbagai aktifitas yang bermanfaat, salah satunya adalah belajar.  Di pagi hari otak kita bekerja secara optimal sehingga membaca berat sangat cocok dilakukan pada pagi hari . Bukan hanya otak saja badan kita kita masih sangat fresh dikala pagi hari jadi bayangkan saja kalau kita mampu melakukan berbagai aktivitas bermanfaat pada pagi hari.  Seru kan? Tapi semua itu tak luput juga dari kualitas tidur kita, ingat! Kualitas bukan kuantitas. Untuk bisa bangun pagi kita harus tidur dengan kualitas yang baik kan?
Di samping itu, konon, dulu para  biasa menghidupkan waktu fajar dengan segala aktivitas ritual, termasuk mandi sebelum shubuh. Menurut penelitian, makin pagi air yang kita gunakan maka kandungan O3 yang terkandung didalamnya makin  besar, dan O3 ini mengandung khasiat yang menakjubkan bagi tubuh bila digunakan untuk keperluan mandi pagi yaitu pada saat fajar. Ada pula yang mengatakan, bahwa air dingin pada waktu sebelum subuh atau waktu sepertiga malam memiliki partikel alfa yang sangat besar. Partikel Alfa ini memiliki energi yang kuat sekali. Mungkin hal ini pula yang menjadikan tubuh lebih bugar ketimbang mandi pagi pada umumnya.
Menurut Dr.Abdul Hamid Dayyat dari Universitas Kairo, Mesir,  bahwa gas O3 (ozon) diudara sangat melimpah di waktu fajar, kemudian akan berkurang sedikit demi sedikit sampai matahari terbenam. Gas ozon mempunyai pengaruh positif pada urat saraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar yang dinamakan udara pagi, dia merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada taranya diwaktu manapun, baik siang atau malam.
Nah, dahsyat kan ternyata dibalik sunnah Rosul untuk bangun pagi? Islam is perfect!  Selamat menjalani aktivitas, kawan! SEMANGAT!!!


0 komentar:

Posting Komentar