Top Menu

Kamis, 23 Februari 2012

You Get More in Matrik

Man 3 Kediri. Sungguh tak asing lagi di telinga masyarakat Kota Kediri dan sekitarnya apabila mendengar nama tersebut. Sebuah sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia itu memang merupakan salah satu sekolah favorit di kota Kediri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah pendaftar peserta didik baru di MAN Kota Kediri 3 tiap tahunnya. Jumlahnya mencapai lebih dari 1000 pendaftar. Padahal jumlah siswa baru yang diterima hanya sekitar 420 orang yang nantinya akan masuk ke 3 program studi yakni Akselerasi, RMBI (Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional) dan reguler.

Sesuai dengan namanya yang berbau islami yakni madrasah, MAN yang beralamat di Jalan Letjen Soeprapto 58 Kediri itu memang mempunyai kelebihan di bidang pendidikan agamanya. Yakni mata pelajaran agama yang diberikan lebih mendetail. Berdasarkan Objek kajiannya, mata pelajaran agama islam itu dibagi menjadi 4, yakni Akidah Akhlak, Quran Hadits, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam, dimana tipa pelajaran mempunyai alokasi waktu 2 jam pelajaran tiap minggunya. Satu jam pelajaran sama dengan 45 menit. Tentu dengan pemberian waktu yang sedemikian itu, ilmu agama yang didapat oleh siswa siswi madrasah lebih banyak dibandingkan dengan siswa siswi di sekolah umum yang hanya mendapatkan 2 jam pelajaran dalam seminggu dengan judul mata pelajaran agama.

Selain itu, saat ini Sekolah yang dahulunya bernama PGAN itu mempunyai guru agama yang merupakan lulusan salah satu universitas termasyur di Timur Tengah, Al Azhar University di Kairo, Mesir. Jadi tak perlu dirtagukan lagi kualitas beliau- beliau ini. Ada juga guru Bahasa Inggris MAN 3 yang pernah mengenyam pendidikan di University of Missouri di Amerika lo…..Tak hanya membagikan ilmu – ilmunya saat mengajar, guru- guru jebolan luar negeri ini juga berbagi cerita tentang pengalamannya saat kuliah di Luar Negeri yang kedengarannya sangat menarik itu.
 

Pelajaran – pelajaran agama yang diajarkan di madrasah yang sering disebut “ MATRIK” itu tentu tanpa mengesampingkan mata pelajaran umum. Jadi siswa siswi MAN 3 sungguh hebat bukan? . mempelajari ilmu agama tanpa melupakan prestasi di bidang akademik umum dan begitu juga sebaliknya. Seperti halnya peribahasa “Sambil Menyelam Minum Air” mereka mendapat ilmu tentang dunia dan akhirat. Dan yang terpenting prestasi para darah muda MAN 3 di mata pelajaran umum tak kalah baiknya dengan pemuda pemudi SMA.
 

Dengan mendapatkan ilmu agama yang lebih banyak itu, diharapakan siswa siswi MAN Kota Kediri 3 nantinya mampu menjadi sosok yang bermanfaat bagi agama dan bangsanya serta menjadi anak – anak bangsa yang sukses dengan berlandaskan iman dan takwa. 

0 komentar:

Posting Komentar