Top Menu

Rabu, 22 Februari 2012

Selayang Pandang

              Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3 adalah sebuah sekolah yang setara dengan Sekolah Menengah Atas di bawah naungan KEMENAG (Kementrian Agama) RI. Sekolah ini berlokasi di jalan Letjen Soeprapto nomor 58, Kelurahan Banaran, Kecamatan Kota, Kediri, Jawa Timur. Sejak tahun 2010, MAN Kota Kediri 3 telah berubah status menjadi RMBI (Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional). Kelas baru ini familiar dengan sebutan ICP (International Class Program).
         Sebelum menjadi MAN Kota Kediri 3, sekolah yang jumlah kelasnya 33 ini mengalami beberapa perombakan nama. Pada tanggal 25 Agustus 1950, bernama Sekolah guru Agama Islam (SGAI) gedungnya terletak di barat alun-alun Kota Kediri. Tentunya, gedung SGAI berbeda jauh dengan gedung MAN 3 sekarang. Tahun 1951 dari SGAI diubah menjadi Pendidikan Guru Agama Pertama Negeri (PGAP N), lalu diubah lagi menjadi Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Kediri pada tahun 1960. Hingga akhirnya, pada tanggal 1 Juli 1992 diubah menjadi MAN 3 Kediri. Setelah mengalami kemajuan yang cukup pesat berubah lagi menjadi MAN Kota Kediri 3 hingga sekarang setelah 17 tahun lamanya menyandang nama MAN 3 Kediri.
                Sebagai salah satu sekolah favorit di Kota Kediri, Madrasah yang biasa disapa Matrik ini mempunyai kegiatan Intrakurikuler berupa OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) di bawah WAKA Kesiswaan. Serta menyuguhkan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menampung bakat anak didiknya. Diantaranya, Studi Kerohanian Islam, Kopsis At-Taqwa, Tempat Penddikan Al Quran,PKS, PMR, Drum Band, Karate, Olah Raga, Seni Baca Qur’an, Teater Gaman, KIR An-Nahl, Jurnalistik, Kesenian, Pecinta Alam, Pramuka, KIR An-Nahl. Kesemuanya itu, berada di bawah komando OSIS MAN Kota Kediri 3. Alhamdulillah, semua ekstrakurikuler tersebut berjalan dengan baik dan lancar.
                Saat ini, MAN Kota Kediri 3 ingin mencetak hafidz dan hafidhah. Untuk merealisasikan hal tersebut, MATRIK membuat progam hafalan Al quran. Program ini diwajibkn bagi siswa siswi RMBI. Namun tak menutup kemunkinan bagi siswa siswi regular yang ingin menghafalakan Kitab Nabi Muhammad SAW tersebut. Dan madrasah ini menyediakan para musrif untuk menampung hafalan para anak didik.

0 komentar:

Posting Komentar